Provil Ketua KPK 2011-2015.

20 12 2011

Siapakah Abraham Samad? dia adalah orang yang dipilih sebagai ketua KPK yang baru. gue mencoba mencari identitas orang ini di berbagai blog dan sumber dan gue menemukan Profil Abraham Samad

Dikenal antikorupsi, Samad menjadi penggagas Anti Corruption Committee di Sulawesi Selatan. Ia juga pernah menerima perlakuan buruk akibat membongkar kasus korupsi dengan walikota Makassar sebagai tersangkanya. Akibatnya, rumah dan usaha istrinya pun dirusak orang.
Abraham Samad Profil
Pria S-3 ini mengaku dekat dengan kelompok Islam garis keras seperti Komite Perjuangan Penegakan Syariat Islam Sulawesi Selatan, Hisbut Tahrir Indonesia, Laskar Jundullah, dan Abu Bakar Ba’asyir. Namun ia membantah saat diduga terlibat afiliasi dengan partai politik.

Sebelum terpilih, ia berani mengucapkan kata “gantung” dan “libas” saat uji kelayakan dan kepatutan calon Ketua KPK. Samad hingga kini masih aktif sebagai advokat dan termasuk advokat berlatarbelakang LSM. Ia pun menjabat sebagai Koordinator ACC (Anti Corruption Committee).
Abraham Samad Profil
Abraham Samad Profil :
– Nama Lengkap: DR. Abraham Samad S.H
– Tempat & tgl lahir: Makassar, 27/11/1966
– Profesi: Ketua KPK (dilantik 17 Desember 2011), Koordinator Anti Corruption Committee Sulsel, Advokat
– Pendidikan: S-1, S-2, S-3 Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. Meraih gelar doktor pada 2010
– Istri: Indriana Kartika

Janji Abraham untuk Indonesia:
– Menuntaskan kasus Bank Century.
– Pemberantasan korupsi yang berfokus di bidang pertambangan dan pajak.
– Jika kerjanya tak maksimal dalam rentang waktu setahun, ia siap mundur.
– Siap di-Antasari-kan
Abraham Samad Profil
Yang unik dari seorang Abraham Samad, ialah kisah sebelum ia terpilih menjadi Ketua KPK. Abraham membeli sebuah mobil Toyota Fortuner baru berwarna putih yang tercatat dibelinya pada Agustu 2011 kemarin.

Ia sengaja membelinya agar jika kelak terpilih menjadi Ketua KPK, dirinya tak dikait-kaitkan soal mobil barunya tersebut.

Menurut istrinya, Samad adalah tipe orang yang sangat sederhana. Bahkan dulu ia dan suami harus berpindah-pindah menghuni rumah kontrakan sebelum menempati rumah warisan dari orang tuanya yang seorang Bupati Mamuju tahun 1989-1994.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih Abraham Samad berkali-kali menyebut tak akan banyak bicara saat menjalani amanah di KPK. Namun sikap tersebut, bukan berarti Abraham Samad akan tertutup terhadap kritik masyarakat terhadap kinerja KPK periode 2011-2015.
Abraham Samad Profil
“Maksud saya biar teman yang lain saja yang bicara. Ini bukan kita tertutup terhadap informasi. Kita tetap transparan supaya kita bisa dikritik saat menjalankan KPK, dan bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Abraham Samad kepada Tribunnews di Jakarta, Rabu sore (7/12/2011).
Abraham Samad Profil
Menurutnya, sikap tersebut juga ditujukan agar tak ada citra buruk terhadap penanganan kasus yang tengah ditangani KPK, termasuk tudingan intervensi kekuasaan.
Abraham Samad Profil
“Insya Allah (independen), saya ini datang dari kampung, tidak memiliki relasi di Jakarta, tak punya kepentingan politik, dan saya terpilih enteng-enteng saja,” ungkapnya.

Putra Makassar kelahiran 27 Nopember 1966 ini menjelaskan, saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi Hukum DPR RI, dirinya pun tak membuat kontrak politik.

“Semua visi dan misi yang saya sampaikan di depan DPR adalah kontrak sosial kepada masyarakat, dan bukan kontrak politik,” imbuhnya seraya menyebut hal itu ditujukan agar masyarakat bisa meminta pertanggungjawaban terhadap kinerjanya yang belum direalisasi.
Abraham Samad Profil
JUMAT pekan lalu, dalam pemilihan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Komisi Hukum DPR RI, Abraham Samad secara mengejutkan terpilih menjadi ketua. Ia berhasil menyingkirkan Bambang Widjojanto, Zulkarnain, Adnan Pandupraja, dan BUsyro Muqoddas.

Kepada Tribunnews di Jakarta, Rabu (7/12/2011) sore, dengan kemeja hitam lengan panjang berwarna hitam, putra Makassar kelahiran 27 Nopember 1966 ini berbincang-bincang soal masa depan KPK di bawah pandawa baru KPK periode 2011-2015. Abraham pun sempat menjawab permintaan Nazaruddin saat membacakan eksepsi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan.

“Itu harapan Nazaruddin kepada pimpinan KPK. Insya Allah akan dituntaskan,” kata Abraham Samad.
Abraham Samad Profil
Dalam eksepsi setebal 17 halaman, Nazaruddin berharap KPK dibawah kendali Abraham Samad menyidik ulang kasusnya karena diyakini mengandung rekayasa oknum pimpinan KPK periode sebelumnya.

“Insya Allah dengan terpilihnya pimpinan baru KPK, masalah saya dan istri saya bisa digelar lagi untuk mencari kebenaran yang sebenar-benarnya,” ujar Nazaruddin,

Menurutnya, rekayasa kasus terlihat jelas saat istrinya dijadikan tersangka atas kasus yang sama dituduhkan kepadanya. Walhasil, kini istri menjadi buronan interpol karena terpaksa bersembunyi bersama tiga anaknya.
Abraham Samad Profil
Ketua KPK terpilih menyempatkan diri menyambangi kantor Tribunnews.com di Jalan Palmerah Selatan No 3, Jakarta Pusat, pada Rabu (7/12/2011) malam.
Abraham Samad Profil
Kedatangan pendiri Anti Corruption Committe (ACC) ini dalam rangka silaturahmi dan meminta masukan dari media terkait upaya pemberantasan korupsi KPK ke depan. Kedatangan Abraham ini diterima langsung oleh pimpinan manajemen dan redaksi Tribunnews.com.

Mulanya, suasana pertemuan ini tampak formal. Namun, saat disodorkan koran grup Tribun yang memuat foto dirinya tengah naik angkot, Abraham langsung tertawa terbahak-bahak. “Ha ha ha…,” tawa Abraham.

Tanpa diminta, Abraham langsung menjelaskan, mengapa dirinya bisa naik angkot saat mengunjungi kantor Tribun Timur (Grup Tribun) di Jalan Cendrawasih, Makassar, Sulsel, pada 5 Desember lalu itu.

Menurutnya, saat itu kebetulan dirinya berangkat dari rumah orangtuanya ke kantor Tribun Timur, yang jaraknya hanya 1 kilometer. Karena khawatir terlambat, Abraham memutuskan naik angkot kendati sempat ditawarkan dijemput dengan naik mobil oleh awak Tribun.
Abraham Samad Profil
“Karena saya takut terlambat, kata teman saya mau dijemput. Cuma, tidak usah, seperti dulu saja. Akhirnya, saya naik angkot saja, dekat ini kok,” kata Abraham yang mengenakan kemeja hitam lengan panjang.
Abraham Samad Profil
Setelah itu, pihak Tribun memberikan sejumlah masukan untuk Abraham yang akan memimpin KPK untuk periode 2011-2015. “Maksud kedatangan saya, kami terima kasih kepada media. Tapi, kita juga minta kritikan. Pemberantasan enggak mungkin jalan kalau enggak didukung seluruh komponen, terutama masyarakat sipil. Kalau tidak, susah juga nih,” ucap Abraham.

Selain mengunjungi kantor Tribun, Abraham juga mengunjungi perusahaan Grup Kompas lainnya, yakni Harian Kompas dan Kompas TV.
Indonesia.

data: Beberapa sumber.

Iklan

Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: